Allah Mencintai Kebersihan

 
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Di dalam sebuah kehidupan, kebersihan tidak luput dari kesadaran diri manusia terhadap kebersihan baik pada dirinya sendiri ataupun kebersihan lingkungannya. Sebagai muslim, kebersihan tak hanya menjadi kebutuhan tapi juga kewajiban yang dijanjikan pahala oleh Allah SWT.
Ada sebuah pepatah mengatakan bahwa “kebersihan adalah sebagian dari iman”. Untuk itu, jika seseorang mengaku dirinya adalah orang Islam dan beriman kepada Allah SWT wajib hukumnya untuk selalu menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri dan kebersihan lingkungan sekitarnya.
Dalam beibadah kepada Allah SWT, kita juga harus mensucikan diri baik jasmani maupun rohani. Tak hanya itu, tempat beribadah juga diwajibakan dalam keadaan suci. Dengan begitu, kita bisa melaksanakan ibadah dengan kusyuk.
Allah sangat menyukai kebersihan, maka barang siapa yang mengamalkan kebersihan maka Allah SWT akan memberi pahala atas amalan tersebut.
Dalam Alquran Allah SWT berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman, bila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapuhlah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah.” (QS al-Maidah: 6).
“Hai orang yang berkemul (berselimut), 2. bangunlah, lalu berilah peringatan! 3. dan Tuhanmu agungkanlah! 4. dan pakaianmu bersihkanlah, 5. dan perbuatan dosa tinggalkanlah, “ (QS 74: 1- 5)
“Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”
(QS Al Baqarah: 222)
Dari ayat-ayat Alquran di atas dijelaskan bahwa Allah SWT menyukai orang-orang yang mensucikan diri karena kebersihan dan kenyamanan membawa keuntungan bagi dirinya sendiri. Dan pada hadist yang diriwayatkan oleh Muslim berbunyi;
Sabda Nabi: Dari Abu Malik Al Ashari berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘Alahi wa Sallam bersabda: “Bersuci sebagian dari iman dan ucapan Alhamdulillah memenuhi timbangan,…”
(HR Muslim no hadits 223)
Maka dari itu kita selaku orang yang beriman harus menjaga kebersihan karena jika sudah merancang kebersihan maka kita juga sudah merancang kesehatan untuk masa yang akan datang ,tapi apabila kita tidak menjaga kebersihan maka sama saja seperti kita merancang penyakit untuk kita di masa yang akan datang.
“Terima kasih Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

0 Response to "Allah Mencintai Kebersihan"

Posting Komentar